Beranda » Artikel » Lalu, kapan sebaiknya kita mengunjungi Kawah Ijen? Banyuwangi

1. Antara Bulan Desember Sampai Januari Di akhir Desember, intensitas kabut yang menyelimuti puncak Gunung Ijen cenderung sudah lebih tipis. Pengunjung bisa melihat panorama blue fire dan Danau Kawah Ijen yang cantik tanpa terhalang kabut tebal. Sayangnya, bulan Desember sampai Januari masih termasuk dalam musim penghujan di Indonesia. Ada baiknya, Anda membawa perbekalan yang cukup serta persiapan matang sebelum mendaki ke puncak gunung.

2. Antara Bulan Juli Sampai September Nah, musim panas yang jatuh pada bulan Juli sampai September merupakan waktu favorit pendaki untuk mengunjungi Kawah Ijen. Tanpa hujan, permukaan tanah akan menjadi lebih kering, dan memudahkan waktu pendakian. Selain itu, sinar matahari juga lebih cerah di musim kemarau, sehingga membuat Anda tidak terlalu kedinginan karena hawa pegunungan.

3. Mendaki di Pagi Hari Jika Anda sudah memutuskan kapan akan berangkat ke Kawah Ijen, hal penting selanjutnya adalah memutuskan waktu berangkat. Sebaiknya, perjalanan dimulai saat pagi hari, mengingat udara yang masih dingin dan sejuk, serta kabut pegunungan yang akan menemani Anda sepanjang perjalanan.

Biasanya, wisatawan akan memulai perjalanan pada pukul 05.00 atau 06.00, dan sampai di puncak tiga sampai empat jam kemudian.

Risiko mendaki di siang hari adalah kencangnya angin yang berhembus. Hal itu menyebabkan gas belerang mudah terbawa udara dan mengganggu pernafasan Anda.

4. Mendaki Saat Malam Hari Waktu favorit para pendaki untuk mengunjungi Kawah Ijen adalah di malam hari. Kebanyakan dari mereka memulai perjalanan pada pukul 22.00, dan berjalan santai menuju puncak. Sesampainya di sana, Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah semalaman menanti tibanya fajar.

Di waktu subuh, pemandangan dari atas gunung tampak begitu memesona. Anda bisa melihat selimut kabut di atas Kawah Ijen perlahan pudar, diiringi panorama matahari terbit yang indah. Dijamin, perjalanan menuju puncak yang melelahkan tidak akan sia-sia.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.